Peserta Didik Baru Harus Sehat dan Melek Teknologi

BULUKERTO – Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung normal, membuat panitia Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMKN 1 Bulukerto berpikir keras dan kreatif. Upaya ini diharapkan bisa memberikan skema agar peserta didik baru di SMKN 1 Bulukerto tahun pelajaran 2021/2022 bisa mengenali SMKN 1 bulukerto dari jarak jauh.

Selain itu, MPLS SMKN 1 Bulukerto yang diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada 12-14 Juli 2021 itu, juga membentuk ratusan peserta didik baru menjadi generasi yang melek media dan teknologi informasi. Hal ini dikarenakan selama tiga hari tersebut, sebanyak 356 peserta didik baru harus mengikuti MPLS melalui zoom meeting, dan mengerjakan tugas melalui google classroom yang telah dibuat oleh panitia.

Ketua panitia MPLS SMk Negeri 1 Bulukerto, Suyatno, S.Pd menyampaikan kegiatan MPLS tahun ini dilakukan 100 persen secara daring. Hal ini dikarenakan waktu pelaksanaan MPLS masih ditengah program pemerintah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), untuk memutus mata rantai berkembangnya virus corona.

“Peserta didik baru diwajibkan untuk mengikuti siaran langsung secara daring, baik melalui zoom meeting, maupun streaming youtube sekolah,” katanya saat pembukaan MPLS di Ruang studio PJJ SMKN 1 Bulukerto (12/7).

Dalam pengenalan sekolah tersebut, peserta didik diberikan program edukatif yang berisi pengenalan ekosistem sekolah, visi misi, system pembelajaran, aturan sekolah, ekstra kulikuler, intra sekolah, fasilitas pembelajaran, dan berbagai kegiatan baik akademik maupun akademik. Selain itu dikenalkan juga pendidik dan tenaga kependidikan di SMKN 1 Bulukerto.

. “Sarana dan prasara sekolah dan berbagai kegiatan di sekolah ini kami tampilkan semuanya dalam MPLS. Harapan kami meskipun siswa belum pernah ke SMKN 1 Bulukerto ini, mereka bisa tau dan faham meskipun tidak secara langsung,” lanjutnya.

Tidak hanya itu dalam MPLS selain materi tentang SMKN 1 Bulukerto, peserta didik juga diberikan materi tentang pencegahan merebaknya virus corona. Upaya ini diwujudkan dengan memberikan materi pencegahan yang diberikan langsung oleh satgas covid 19 Kecamatan Bulukerto. Baik dari unsur Camat, Polsek, Koramil, dan Puskesmas Kec. Bulukerto.

“MPLS tahun ini kami sengaja mengambil tema  Tegar di Tengah Keprihatinan, Menjadi Teladan Merajut Sukses Masa Depan. Ini kami harapkan peserta didik selain harus sehat, juga tetap bisa sukses dengan mengikuti pembelajaran secara online,” tegasnya.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Bulukerto, Walujo, S.Pd., M.T. menambahkan, ada beragam rambu-rambu yang harus diperhatikan penyelenggara MPLS untuk menghindari kejadian yang kurang baik. “Rambu-rambunya tentu saja menjadi hak kewajiban guru, seperti tidak melibatkan siswa atau kakak kelas sebagai penyelenggara, materi diisi dengan kegiatan edukatif serta tidak dibenarkan perploncoan atau tindak kekerasan terhadap siswa,”

Tidak lupa, Walujo, S.Pd M.T mengingatkan pentingnya mengedepankan kehati-hatian, kesehatan, dan keselamatan semua warga sekolah. Ia mengingatkan agar pelaksanaan MPLS dilakukan secara daring sesuai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali serta 15 Kabupaten/Kota lainnya. “Tentu pelaksanaan pembelajaran ini harus mengikuti kondisi terkini PPKM Darurat. Daerah yang masuk PPKM Darurat pembelajaran dilaksanakan secara daring,” jelasnya.

Adapun tujuan MPLS SMK Negeri 1 Bulukerto Tahun Pelajaran 2021/2022 diantaranya:

  1. Memberikan pembekalan kepada siswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, khususnya kegiatan pembelajaran dan kesiswaan di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
  2. Mengenal dan memahami lingkungan sekolah sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami tata tertib yang berlaku di sekolah.
  3. Memperkenalkan dan menambah wawasan siswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di sekolah secara maksimal.
  4. Mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual siswa baru.
  5. Memupuk semangat solidaritas dan toleransi di antara sesama warga sekolah, dan menjalin keakraban, saling menghormati dan menghargai kepentingan sesama siswa.
  6. Persiapan penetapan peserta didik kelas 10 (sepuluh)

JADWAL MPLS (MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH) SMK NEGERI 1 BULUKERTO

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Senin, 12 Juli 2021
NoWaktuMateriPemateriGaris Besar Materi
1.08.00 – 08.15 WIBSambutan Ketua Panitia MPLSSuyatno, S.Pd.Sambutan MPLS.Laporan ketua panitia.
2.08.15 – 08.30 WIBPembukaan dan Kebijakan SekolahWalujo, S.Pd.,M.T.Sambutan umum pelaksanaan MPLS Daring.Penyerahan peserta didik kepada pihak komite.
3.08.30 – 08.45 WIBSambutan Ketua Komite SMK Negeri 1 BulukertoMuhammad Syamsuri, S.Pd.Sambutan umum pelaksanaan MPLS Daring.Penerimaan peserta didik dari pihak sekolah.
4.08.45 – 09.00 WIBSambutan Gugus Covid- 19 Kecamatan BulukertoTim Gugus Covid-19 Kecamatan BulukertoSambutan tentang situasi pandemi Covid-19 secara umum dan dampaknya.
5.09.00 – 09.30 WIBNasionalismeKoramil 21 BulukertoSambutan tentang penanaman jiwa nasionalisme dalam diri peserta didik.
6.09.30 – 10.00 WIBEdukasi tentang bahaya Covid-19UPT Puskesmas BulukertoGambaran umum tentang bahaya Covid-19, gejala, dampak, dan cara pencegahannya.
7.10.00 – 10.15 WIBCara pemanfaatan sumber belajarArief Grahadi Jayantio, S.Pd.Pemanfaatan Google Classroom dan sumber belajar berbasis komputer.
8.10.15 – selesaiTugas Mandiri TerstrukturWali GugusPengecekan partisipasi peserta didik dalam MPLS oleh wali gugus melalui tagihan tugas di google form.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *